Ketua Komisi II DPRD Mukomuko Berharap, Proyek PL Utamakan Kontraktor Lokal

804 views

Ketua Komisi II DPRD Mukomuko, Ir. Zulfahni.

 

Mukomuko, redaksimedinas.com – Adanya laporan salah seorang kontraktor lokal, yang meminta proyek PL di Dinas Pertanian kabupaten Mukomuko, kepada Kabid Sapras Ali Mukhibin, S.Hut, diduga kabid menyuruh kontraktor bersangkutan, langsung menghadap ke gedung putih (Bupati, red).

Mendapat tanggapan dari Ketua Komisi II DPRD Mukomuko, Ir. Zulfahni. Zulfahni, menyayangkan sikap Kabid tersebut, secara sontak mengatakan, hal semacam itu salah besar. Menurut dirinya, tidak ada sangkut pautnya proyek PL itu dengan Bupati. “Karena selama ini, seyogianya dinas yang bersangkutan ada rekam jejak, kontraktor – kontaktor, yang dinilai baik dan cakap, terhadap pekerjaan yang telah diberikannya,” tukas Zulfahni.

“Kalau memang semacam itu yang terjadi, Kabid tersebut menyalahi aturan. Menurut saya, tidak ada domainnya terhadap Bupati soal proyek tersebut. Alangkah banyaknya urusan Bupati, sampai urusan terkecil sekalipun dia juga yang mengurusinya. Kan di Dinas itu ada semacam evaluasi kinerja kontraktor – kontraktor, yang dianggap mampu bekerja dengan baik. Dalam artian yang luas, mampu bekerja secara maksimal, serta tunduk kepada aturan yang berlaku,” tandas Zulfahni.

Dijelaskan Zulfahni, biasanya proyek di dinas Pertanian itu, melalui pendanaan DAU dan DAK, seperti pembangunan Embung, pembukaan badan jalan serta pengoralan Jalan Usaha Tani (JUT), perehaban drainse ke areal persawahan, dan lain-lain,” papar Zulfahni.

Zulfahni mengatakan, sebagai pihak pengawasan terhadap proyek-proyek di daerah ini, pihaknya mengharapkan kepada dinas-dinas terkait, yang ada pos anggaran proyek-proyek semacam PL, harus mengutamakan kontraktor lokal. Yang dinilai mampu, cakap serta handal di dalam melaksanakan pekerjaanya. “Kalau proyek dengan sistem tender, bisa jadi tidak bisa diarahkan,” ujarnya.

“Kita mengharapkan, proyek PL itu, harus mengutamakan kontraktor lokal. Yang dinilai mampu dan cakap, serta patuh terhadap aturan yang berlaku. Kalau proyek semacam tender, tentunya itu pihak manapun bebas melakukan penawaran. Namanya saja sistem lelang terbuka, siapapun boleh ikut berkompetisi. Dan harus memenuhi kriteria tertentu,”pungkas Zulfahni, via ponsel, Rabu (24/01/2018).

Disisi lain, berdasarkan asumsi publik, yang secara kebetulan menyimak berita yang diunggah melaui Media Sosial (Medsos) tersebut. Mengatakan, asumsi yang dipaparkannya. “Kemungkinan sudah terdapat banyak, semacam ploting pihak-pihak tertentu. Itu makanya, salah satu kontraktor lokal tersebut tidak kebagian lagi”, demikian, tanggapan salah seorang masyarakat, yang enggan namanya dituliskan.(Aris)

DomaiNesia

Mukomuko

Penulis: 
author

Posting Terkait

  1. author
    muis yardi5 bulan agoBalas

    KepadaYth,
    To : Perusahaan BUMN/SWASTA Nasional Ditempat
    Up/attn : pimpinan/finance/marketing
    Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety BondDenganHormat,
    Salam hangat dari PT. MITRA JASA INSURANCE(Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. MITRA JASA INSURANCEDimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian SwastaNasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bankgaransi yang terbitkan oleh Bank diantaranya: BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM, DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA ,MANDIRI,DLL,serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkankerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalampenerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL(Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.
    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya:
    – JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    – JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    – JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    – JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)
    1.Contractor all risk (CAR)
    2.Conprenshive general liability ( CGL)
    3.Workman compensation liability (WCL)
    4.Automobile liability (AL)
    5.Custom bond
    6.Property all risk (PAR)
    7.Erection all risk ( EAR)
    8.Marine hull insurance (MH)
    9.Cargo
    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
    11.KMK (kredit modal kerja)
    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaanuntuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalamhal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedangberjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikanprosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap diantar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baikdan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanyakami ucapkan terima kasih.Salam.MUIS YARDIPT.MITRA JASA INSURANCE Alamat      :Jl.cipinang jagal no.7 Rt.005/016 cipinang pulogadung  Telp           : 021-22476367 Fax              : 021-22472288                                                                  Telp            : 082269945614  

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.