Kejagung Mulai Baksos Operasi Katarak Di RS Secanti Gisting Tanggamus

270 views
Tanggamus Medianasional.id – Tim Dokter yang ditunjuk Kejaksaan Agung RI sudah memulai melakukan operasi Katarak dan Pterygium, di Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting, Jumat siang (12/7/19).
Operasi Katarak ini menjadi rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke 59 Tahun 2019.
Ketua Tim Dokter, dr. Andreas mengatakan bahwa dihari pertama ini direncanakan 150 pasien dioperasi baik penderita Katarak maupun Pterygium. “Untuk hari ini kita mulai Pukul 13.00 WIB, dan hingga pukul 15.00 WIB sudah 34 pasien kita operasi,” kata Andreas.
Ia juga mengatakan bahwa dihari pertama, ini dokter yang bertugas belum full tim, yakni baru tujuh dokter spesialis mata dari 12 orang dokter.
“Ya, hari ini memang belum full dokternya. Tapi itu tak jadi kendala, besok baru dokternya full 12 orang,” ucap Andreas yang tergabung dalam Himpunan Bersatu Teguh (HBT).
Dilanjutkan Andreas, bahwa dalam pelaksanaan operasi tim dokter tidak menemui kendala berarti baik dari tempat maupun jaringan listrik. “Tidak ada kendala, satu pasien dibutuhkan 10-15 menit,” ucapnya.
Masih kata Andreas, bahwa di Kabupaten Tanggamus banyak penderita katarak maupun Pterigyum. Hal itu lantaran masih minimnya pengetahuan masyarakat ditambah belum ada klinik/rumah sakit spesialis mata maupun dokter spesialis mata di Kabupaten Tanggamus.
“Untuk besok lebih banyak lagi pasien yang dioperasi dan kami siap untuk itu,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Seksi Datun Kejari Tanggamus, Faisal Cesario Arapenta mengatakan bahwa kuota untuk operasi mata dalam rangka HBA Ke 59 sebanyak 300 pasien. Dengan rinciannya, 250 bagi penderita katarak dan 50 untuk Pterigyum.
“Untuk besok jumlah pasien yang dioperasi lebih banyak lagi. Dan akan ditinjau langsung bapak Jaksa Agung RI H. M. Prasetyo dan Ibu Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) pusat ibu Ros Ellyana Prasetyo. Untuk Minggu (14/7) pasien yang dioperasi dibuka perbannya di RSUD Kotaagung,” ujar Cesario mewakili Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa.
Dikatakan Rio, sapaan akrab Kasi Datun, bahwa hingga sore belum ada pasien yang gagal operasi karena terkendala kesehatan.”Alhamdulillah, berdasarkan Skrining terakhir, semua pasien dinyatakan layak operasi, “ujar dia.
Sementara, Siti Amanah (29) warga Pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat mengaku senang dengan adanya baksos operasi katarak dan Pterygium gratis yang digelar oleh Kejaksaan Agung RI.
“Alhamdulillah, senang, memang sudah lama saya Nanti-nanti operasi ini, dari usia 20 tahun pengen operasi tapi baru kesampaian ini, “ucapnya.
Siti mengaku bahwa dirinya menderita, Pterigyum. Akibatnya penglihatan menjadi terganggu.
“Masih bisa melihat, hanya saja sedikit kabur dan tidak jelas, mata merah selalu berair, “ucapnya. (Rls.
EditorĀ  : Jumadi
DomaiNesia

Tanggamus

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.