JOIN Bungo Ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia

106 views

Bungo, medianasional.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui Kantor Bahasa Jambi, menggelar Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi pelaku media massa, di Kampus STIA Setih Setio, Muarabungo.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 18-19 September 2019 yang diikuti oleh 33 dari wartawan media cetak dan daring yang ada di Kabupaten Bungo. Dari 33 peserta tersebut 13 peserta diantaranya merupakan anggota Jurnalis Online Indonesia (JOIN) kabupaten Bungo.

Adapun Materi yang dibahas pada kegiatan penyuluhan selama dua hari tersebut yakni Ejaan Bahasa Indonesia, Bentuk dan Pilihan Kata, serta Kalimat dan Paragraf dengan Narasumber Syaiful Bahri Lubis SS (Kepala Kantor Bahasa Jambi) dan Leni Sulastri SS (Pengkaji Bahasa).

Saat diwawancarai oleh para peserta seusai acara tersebut Syaiful Bahri Lubis SS mengatakan selama dua hari ini, ditempat ini kita melakukan kegiatan penyuluhan atau peningkatan kompetensi penggunaan bahasa Indonesia khusus bagi teman teman awak media,” katanya.

“Selain materi materi yang berkaitan dengan hal hal jurnalistik juga kita padukan bagaimana penulisan berita sebaik mungkin menurut aturan aturan kebahasaan,” lanjutnya.

Menurut Syaiful Bahri Lubis SS antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini sangat tinggi, kita berharap dari materi materi yang disampaikan oleh Narasumber ini menjadi tambahan asupan baru bagi teman teman media dalam rangka membenahi diri,” imbuhnya.

Dari materi materi yang sudah didapat tadi benar benar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

“Ketika kita mencari berita, menulis berita, dan teman redakturpun ketika menyajikan berita itu ya benar benar diperhatikan tata tulis kemudian tata kalimat dan bagaimana aturan aturan penulisan dan pemberitaan yang seharusnya,” tutup Syaiful Bahri Lubis SS.

Sedangkan Ketua DPW Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Provinsi Jambi, Zakaria S Pd I sangat mengapresiasi adanya kegiatan penyuluhan tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan insan pers, khususnya di wilayah Bungo.

“Sedikitnya 33 orang wartawan ikut dalam pelatihan ini. Kami sangat berterima kasih pada Kantor Bahasa Jambi. Semoga kegiatan seperti ini, bisa diadakan setiap tahun,” kata Zakaria.

Dikatakan Zakaria, banyak hal yang selama ini masih belum diketahui jurnalis dalam peliputan maupun penulisan berita. Melalui kegiatan ini, jurnalis bisa menjadi tahu.

“Melalui penyuluhan bahasa ini, wartawan tergabung di JOIN bertambah ilmu pegetahuan dalam menulis berita. Ini juga bisa persiapan bagi kawan-kawan DPD JOIN Bungo, mengikuti Uji Kompentensi Wartawan (UKW) di Banten,” tutup Zakaria.

Terpisah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) JOIN Bungo Indra D Sibarani S Sos mengatakan terima kasih kepada pihak panitia yang telah memberikan penyuluhan kepada para pelaku media massa.

“Atas nama Pengurus DPD JOIN Bungo, kami ucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang telah memberikan penyuluhan kepada para pelaku media massa,” kata Indra.

Adapun nggota JOIN yang dikirimkan untuk mengikuti penyuluhan tersebut sebanyak 13 orang.

Harapan Indra dengan penyuluhan yang telah diikuti ini semoga dapat menambah wawasan dan cara menulis berita sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar dan dapat menambah persiapan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang.

Ditambahkannya bahwa DPD JOIN akan mengirimkan semua anggotanya untuk mengikuti Rakernas sekaligus dengan UKW,” tutupnya. (fa)

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.