Jelang Pileg, Kodim 0707/Wonosobo Latihan PHH

635 views

Wonosobo, medianasional.id – Kodim 0707/Wonosobo menggelar latihan PHH (Penindakan Huru-Hara) dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu Pileg dan Pilpres tahun 2019 di halaman Makodim 0707/Wonosobo. Senin (04/02).

Danramil 06/Garung Kapten Inf Sutarto mengatakan, tujuan dilaksanakannya latihan PHH tersebut untuk melatih kemampuan anggota dalam menangani dan menanggulangi huru hara yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi di setiap kesempatan terutama saat menjelang Pileg dan pilpres tahun 2019, yang merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif.

Latihan PHH dipimpin langsung oleh Danramil melatihkan anggota menghadapi aksi anarkis massa sehingga tindakan cepat harus diambil. Di harapkan anggota tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas sesuai prosedur yang berlaku. Latihan PHH yang dilaksanakannya tersebut semata-mata dalam rangka mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi menjelang pesta demokrasi yang tahun ini digelar di wilayahnya.

Kapten Inf Sutarto menambahkan, agar latihan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, anggota dapat menangkap materi yang diberikan dengan baik dan dapat menerapkannya sesuai prosedur. Sehingga diharapkan jika terjadi perbantuan dari prajurit khususnya Kodim 0707/Wonosobo, akan bisa bersinergi dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak menimbulkan korban.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, kegiatan latihan tersebut meliputi tiga sesi materi yakni latihan formasi, latihan penindakan massa dan latihan penyelamatan korban. Dimana dengan harapan prajurit TNI AD bisa mengamankan terjadinya kerusuhan.

Untuk itu, Anggota Kodim 0707/Wonosobo diminta dapat menciptakan sinergitas yang baik dengan seluruh aparat keamanan yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo dalam menangani setiap potensi konflik yang dimungkinkan terjadi. “Makanya diharapkan dengan mengikuti PHH seluruh anggota dapat memaksimalkan tugas sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

Diharapkan dalam latihan PHH ini profesionalitas setiap prajurit akan meningkat sesuai dengan tugas dan jabatannya masing-masing, serta kemampuan personel dalam hal taktik dan teknis serta prosedur tetap yang harus dilaksanakan apabila menangani terjadinya aksi unjukrasa yang dilakukan dapat tercapai dengan baik.

Ditempat terpisah Dandim 0707/Wonosobo menyampaikan bahwa “Kita sebagai aparat keamanan harus netral. Netralitas ini sudah menjadi harga mati, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sebab jika sampai terjadi ketidaknetralan aparat keamanan dampak yang ditimbulkan sangat besar. Semua setuju dan menyadari bahwa untuk menyelenggarakan ini dibutuhkan anggaran yang sangat besar, untuk itu agar tidak sia-sia maka harus sukses dalam satu kegiatan. Jika pemilu sampai gagal atau kurang sukses yang rugi kita semua,” ungkapnya. (Andika)

DomaiNesia

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.