Jaga Kearifan Lokal Babinsa Koramil 09/Kutowinangun, Hadiri Tradisi Sedekah Bumi Desa Karangsari

133 views

Kebumen, medianasional.id – Sedekah Bumi biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen dengan beberapa rangkaian. Sedekah Bumi yang bertempat di makam pepunden Mbah Gendor desa Karangsari, Kamis (10/09/2020).

Sedekah Bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Sedekah bumi di makam Mbah Gendor Karangsari merupakan salah satu desa yang masih memegang teguh dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang, dan tak lekang oleh perubahan zaman, salah satunya adalah perayaan Sedekah Bumi. Acara Tahunan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara desa Tahunan dengan desa yang lain dalam perayaan Sedekah Bumi tersebut.

Rangkaian acara perayaan Sedekah Bumi Mbah Gendor Karangsari dengan rangkaian acara lain memiliki perbedaan yaitu adanya acara Doa bersama, yang mana Desa Karangsari menyandingkan antara perayaan kebudayaan dengan acara keagamaan yang keduanya dikemas dalam harmonisasi yang seimbang.

Danramil 09 Kutowinangun yang diwakili oleh Serka Maftuh, mendukung penuh kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap di pertahankan di masa modern seperti saat ini.

Menurut Serka Maftuh “kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Desa Karangsari masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih di teruskan dan dikenalkan kepada penerus muda di Desa Karangsari,” tutur Serka Maftuh.

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

DomaiNesia

Kebumen

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.