Ingin Tanaman Hias Anda Tetap Subur? Ini Tips Bang Ijal Jenggot

4012 views

TUBABA, Medianasional.id – Memiliki hobi dengan tanaman hias tentunya banyak hal dan faktor penting yang harus kita ketahui, terlebih lagi seperti saat ini.kita telah memasuki musim kemarau dan cuaca ekstrim (panas yang berlebih) sehingga mumbuat tanam tumbuh tidak stabil.

Ijal atau sering dikenal bang jenggot, salah satu pecinta sekaligus pengrajin tanaman hias di Kabupaten Tulangbawang barat mengatakan, dimusim seperti saat ini (kemarau) tentunya membuat kita pecinta tanaman hias bekerja lebih ekstra bahkan sedikit merubah pola dalam perawatan.

” Ya, kita saat ini memasukin cuaca ekstrim (panas berlebih) dimana cuaca ini dapat berdampak buruk bahkan dapat merusak perkembangan tanaman yang kita tanam,” ujar Ijal saat dihubungi melalui telpon cellulernya, Senin (7/10/2019).

Untuk itu, lanjut Ijal, dalam pemeliharaan tanaman hias maupun tanaman lainnya dimusim seperti saat ini baiknya pola perawatan kita rubah, khusunya dalam hal penyiraman.penyiraman lebih baik dilakukan pada malam hari (sehabis magrip) atau disaat matahari terbenam, hal itu dilakukan agar tanaman tidak setres ataupun terbakar pada saat disiram.

“Panas yang diterima tanaman saat ini sangatlah panas, jadi kalau pas kita siram di waktu yang salah mengakibatkan tanaman akan terbakar ataupun layu.jadi siramlah tanaman pada waktu matahari sudah terbenam dengan air yang cukup,” cetus Ijal yang hobi dengan tanaman bonsai ini.

Dilanjutkan Ijal, secara umum selain pola penyiraman yang harus rutin dan tepat waktu, alangkah baik jika tanaman tersebut bagian batangnya dipangkas sekali dalam sebulan.Tujuan dari pemangkasan itu tidak hanya mengurangi lebatnya dahan daun tanaman tetapi juga bertujuan untuk memunculkan tunas baru yang lebih berkualitas dan lebih segar.

“Tanpa kita sadari, jika tanaman terawat dan tertata rapih maka tanaman tersebut juga akan memberikan manfaat yang baik untuk kita, seperti menyegarkan udara, memberikan sensai fresh ketika melihatnya bahkan dapat menyejukkan hati jikala kita lelah,” tutup Ijal. (Hadi)

Hobi Tulang bawang barat

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.