Ingin Mengetahui Anggaran Penanganan Covid19, Ketua DPRD Tubaba Rapat Bersama Eksekutif

808 views

TUBABA, Medianasional.id
Sebanyak 30 Miliar lebih, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat melakukan Refocusing dan Realokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 untuk penanganan Covid 19.

Dikatakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tubaba, Ponco Nugroho, Bahwa hari ini pihaknya mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Eksekutif untuk membahas dan mengetahui anggaran yang digunakan untuk penanganan penyebaran Covid 19.

“ya, Hari ini kita melakukan rapat dengan Eksekutif sekitar pukul 11.00 Wib. Dan setelah kita melakukan pembahasan tersebut bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan jajarannya, terkait anggaran Refocusing dan Realokasi APBD Covid 19 di Tubaba,” Ungkapnya usai mengelar Rapar Paripurna Mendegarkan Laporan KeteranganPertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD, Panaragan, Senin (4/5/2020).

Adapun anggaran yang digunakan untuk Refocusing Covid 19 berjumlah Rp 30,943,540,829. Dengan perincian yakni, Rp 4,595,000,000 diperuntukan untuk belanja bidang kesehatan dan hal-hal terkait kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid 19. Lalu yang kedua untuk penyediaan jaring pengaman sosial sebesar Rp 26,348,540,829. Sehingga total Rp 30,943,540,829.

Lebih jelas dikatakan Ponco, anggaran tersebut akan ditempatkan di Biaya Tidak Terduga (BTT) khusus Covid 19, dan salinan perubahan anggaran itu pun sudah diserahkan kepada kita. Yang mana Anggaran tersebut belum ada yang digunakan.

“Setelah pembahasan ini, maka ditargetkan paling lama 14 hari, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat segera mengajukan keperluan dan besar anggaran yang akan mereka gunakan, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sehingga akan langsung dicairkan,” paparnya.

Sementara itu, dikatakan Bupati Tubaba Umar Ahmad, Bahwa anggaran Covid 19 itu, belum tentu digunakan semuanya, sehingga jika ada sisa akan dibahas pada anggaran Perubahan “Kita sudah merealokasi dan merefocusing APBD tahun 2020, untuk penanganan Covid 19, dan sudah dilakukan evaluasi di Asesment Kementerian Keuangan, dan hasilnya memenuhi apa yang menjadi Perintah edaran Kementerian Keuangan,” Terang Bupati.

Sehingga, Lanjut Bupati, Anggaran ini akan kita gunakan seoptimal mungkin, seperti perencanaan pembelian 600 ton bantuan beras untuk masyarakat, yang bekerjasama dengan pihak ketiga, Tutupnya.(ADV)

DomaiNesia
Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.