Hitung Ulang Pilpratin Walur, Yoyon Tetap Unggul

140 views

Krui Selatan, medianasional.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten Pesisir Barat dan Panitia Pemilihan Peratin (Kepala Desa) Pekon (Desa) Walur Kecamatan Krui Selatan melakukan Hitung ulang kotak suara untuk Suara yang tidak sah di Pilratin Pekon walur. Perhitungan suara tidak sah ini dalam rangka penyelesaian sanggahan yang dilakukan Calon Peratin Epi Ardiansyah tanggal 17 Oktober 2018 lalu.

Perhitungan ulang suara dalam pilratin pekon Walur ini dilakukan di gedung rapat Cukuk Tangkil, berlokasi di komplek perkantoran Pemkab Pesisir Barat 24 Oktober 2018 siang. Acara ini dihadiri oleh Kapolsek Pesisir tengah, Kompol M.Daud, Danramil Pesisir Tengah dan sejumlah pejabat di ruang lingkup Pemkab Pesisir Barat.

Dalam perhitungan ulang ini melibatkan pemerintah pesisir barat, seluruh panitia pemilihan pekon Walur, dan seluruh saksi calon peratin (Catin). Perhitungan ulang suara tidak sah di perhitungan suara sebelumnya dan perhitungan ini akan dijumlahkan dengan suara sah sebelumnya.

Dikatakan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Pesibar Lingga Kusuma, “Hasil perhitungan ini akan dituangkan dalam Berita Acara. Setelah berita acara selesai dan akan disampaikan ke Bupati, lalu kita tetapkan peratin terpilih”.

Dalam pantauan Wartawan, hasil yang didapatkan 5 calon peratin (Catin) peserta Pilratin pekon Walur dalam perhitungan ulang sebagai berikut :

1. Yoyon Yufriza mendapat 107 suara ditambah dengan suara sah sebelumnya 82 suara dengan jumlah total suara yang didapat 189 suara.

2. Epi Ardiansyah, memperoleh suara pada penghitungan ulang sebanyak 88 suara, pada penghitung sebelumnya mendapat kan 74 suara, total perolehan suara  menjadi 162 suara.

3. Riduan, pada penghitungan ulang memperoleh 43 suara,  ditambah dengan perolehan suara sebelumnya sebanyak 38 suara, jadi total perolehan 81 suara.

4. Maksudil Hayat, perolehan suara pada penghitungan ulang sebesar 23 suara, sementara pada penghitungan suara sebelumnya mendapat suara 18 suara, jadi total 41 suara.

5. Yuliyansyah, mendapat  20 suara pada penghitungan ulang,  ditambah suara pada penghitungan sebelumnya 15 suara, total suara yang di peroleh menjadi 35 suara.

Miswandi, camat Krui Selatan juga mengatakan bahwa tahapan ini perhitungan ini sudah dilakukan secara mekanisme hukum, mekasime administrasi, dan sudah sesuai dengan apa yang diinginkan untuk demokrasi dalam memilih, dan himbawannya kepada masyarakat khususnya pekon Walur kecamatan Krui Selatan agar dapat menjaga situasi agar kondusif, karena hasil perhitungan suara ulang sudah dilaksanakan dan hasil perhitungan sudah didapat.

Dalam acara perhitungan Suara tidak sah sebelumnya berjumlah 285 suara yang disanggah dan dihitung ulang ini berjalan aman dan lancar.Jumlah perhitungan suara ulang dan ditambah jumlah suara hasil perhitungan suara ulang ini calon peratin nomor urut 1 , Yoyon Yufriza paling unggul dalam jumlah total 189 suara dari 82 suara hasil perhitungan suara sah dan suara Yoyon dalam perhitungan ulang suara tidak sah mendapatkan julah total suara 189 pemilih. (red)

Krui Pesisir Barat

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.