Gubernur Ganjar Pranowo, SH.MIP Mengikuti Sosialisasi Pendidikan Antiradikalisme Bertajuk “Penguatan Perguruan Tinggi Swasta dalam Menangkal Radikalisme di Jawa Tengah

83 views

Semarang, medianasional.id Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH.MIP ” Saya bertanya kepada semua yang ada di sini, bagaimanan menjelaskan kepada anak-anak kita terkait bom di Surabaya beberapa waktu lalu, satu keluarga menjadi pelaku pengeboman. Bahkan anak kecil kelihatan cerdas dan cantik ikut mengebom.dan tewas, kejadian bom bunuh diri yang dilakukan satu keluarga itu sungguh tidak masuk akal. Bagaimana ada orang tua mengajak anak-anak memasang bom dan meledakan diri.

#Atas berbagai kejadian pengeboman saya sebagai bagian dari NKRI juga merasa bersalah. Aksi pengeboman ini mengancam siapapun dan itu menjadi tanggung jawab kita bersama.

# Pendidikan, termasuk perguruan tinggi merupakan temlat paling baik untuk menjadi radikal atau tidak radikal dan itu tergantung kita.

#Paham radikalisme menyasar warga dari berbagai latar belakang usia, jenis kelamin, profesi maupun pendidikan. Akibat terpapar paham radikalisme, tidak sedikit warga yang tiba-tiba anak meninggalkan orangtua dan keluarga. Sebagaj contoh kasus Gafatar, gara-gara menganut keyakinan terlarang itu, suami istri berpisah, tidak ada lagi budi pekerti nasionaliame dan lainnya.

#Saat saya bertemu orang Afganistan dan ia bercerita bahwa betapa damainya Indonesia, kita bisa berkumpul seperi ini dan melakukan aktivitas dengan nyaman. Jangan sampai kita tidak merawat ini karena di negara lain seperti Suriah dan Afganistan setiap hari perang, kita berjalan tiba-tiba dihadang bom.

“Tugas kita bersama, bagaimana mengembalikan mereka agar tidak lagi terlibat radikalisme,” pintanya.

Kepala BNPT
Komjen Pol Drs Suhardi Alius MH mengatakan,
Dalam kegiatan ini kita jelaskan jelaskan upaya penyelesaian berbagai persoalan dan nilai-nilai yang harus dijaga di lingkungan kampus. Terutama persoalan radikaliame.

Melalui pola-pola pencegahan dan penanganan radikalisme ini diharapkan semua dapat melakaanakan kegiatan belajar dengan baik, para peserta didik menjadi generasi yang luar biasa dan mampu mempertahankan NKRI dengan baik.

BNPT berharap seluruh perguruan tinggi di Indonesia mempunyai pola penanganaan yang sama dan program yang merata, sehingga paham radikalisme dapat dicegah dan tidak berkembang masuk di lingkungan perguruan tinggi.

Kontributor : be

Editor : Puji_Leksono

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.