Gempa 5.0 SR Guncang Halmahera Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

232 views

Ilustrasi

Labuha, medianasional.id – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5.0 SR mengguncang wilayah Halsel tidak berpotensi tsunami, hal ini berdasarkan hasil elisitasi dan pendalaman dengan dari Staf BMKG Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara.

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 23:38:03 WIT, di Pulau Bacan wilayah Labuha, diguncang gempabumi tektonik dengan kekuatan Mag 5.0 SR dengan pusat gempa di lokasi : 0.56 LS,127.65 BT (19 km TimurLaut LABUHA-MALUT), kedalaman 10 Km.

“ Berdasarkan laporan yang masuk, bahwa gempa ini dirasakan oleh masyarakat di Labuha dan untuk sementara belum ada laporan lain tentang kerusakan dan korban,” Kata Deni selaku Staf BMKG dari rilis yang diterima media ini melalui Basarnas Ternate.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 23:40 WIT belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Atas peristiwa tersebut, saat ini pihak BPBD dan Basarnas Halsel telah disiap siaga untuk mengantisipasi adanya laporan masyarakat terkait dampak paska gempa bumi serta mengatisipasi segala sesuatu terkait bencana alam atau cuaca buruk.

Safrin

Gempa Halmahera Selatan

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.