Editorial : Wacana Eksploitasi Panas Bumi Mengancam Ekosistem Danau Ranau

216 views

Danau Ranau Lampung Barat (Istimewa).

Wacana akan dikembangkannya pemanfaatan energi Panas Bumi di Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung sangatlah baik, terutama untuk mengatasi defisit energi listrik yang dialami oleh kabupaten Lampung barat. Tapi dengan keadaan itu jangan pula kita ceroboh, sebab setiap kebijakan pasti ada pro kontra ataupun efek baik maupun buruk.

Kita harus ingat bahwa Lampung Barat adalah daerah rawan gempa akibat pergeseran atau patahan lempeng di dasar bumi. Energi panas bumi sering juga disebut GEOTHERMAL ENERGI, energi ini akan dihasilkan apa bila kita membuat lubang di permukaan bumi dalam istilah pertambangan pengeboran bumi yang secara otomatis kita mengangkat matrial dari dalam bumi. Berarti secara otomatis sesuatu pasti akan terjadi seperti pencemaran air, bila itu dilakukan di sekitaran DANAU RANAU apakah tidak ada efek terhadap kemurnian air danau?

Panas bumi hanya ada di sekitar lempeng tektonik karena mempunyai temperatur tertinggi dan paling dekat dengan permukaan bumi.

Untuk itu kepada para tokoh Adat,Ilmuan, mahasiswa, pemerintah daerah kabupaten Lampung barat mari kita duduk bersama untuk mensosialisasikan agar kelak tidak menjadi penyesalan.

Banyak sudah kegagalan pengeboran panas bumi yang hanya menyisakan kerusakan alam dan perselisihan antar kelompok masyarakat. Pengeboran energi panas bumi di gunung slamet Kabupaten Banyumas Jawa tengah, Gunung Raja Basa Lampung dan banyak lagi daerah yang gagal.

Kepada para penguasa diharapkan mempertimbangkan kembali wacana eksploitasi panas bumi tersebut, mengingat Lampung Barat adalah daerah yang masih kental menjaga adat, budaya, dan agamanya. Jangan sampai karena mengikuti hawa nafsu manusia berakibat rusaknya kelestarian alam di bumi Sekala Brak ini.

Penulis : Amsir Sapernong (Pimred SKU Media Nasional) 

Artikel Danau Ranau Editorial Lampung Barat Opini Tajuk Rencana

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.