Dinilai Sempit, Dukcapil Ajukan Dana Bangun Gedung Pelayanan

Plt Kadis Dukcapil. Evi Busmanja.

Mukomuko, medianasional.id –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko, bakal mengajukan dana untuk membiayai rencana
pembangunan gedung pelayanan bagi masyarakat. Usulan dana sebesar Rp
1,4 miliar yang bakal diajukan pada APBD Perubahan tahun 2020 ini, setelah gedung pelayanan Dukcapil yang ada saat ini sangat sempit hingga mengakibatkan masyarakat dan pegawai membaur jadi satu.

Akibatnya, timbul ketidaknyamanan baik masyarakat dan juga pegawai
itu sendiri. “Jelas tidak nyaman karena ruanganya sempit sekali. Kadang kami mau lewat saja susah, akibat banyaknya masyarakat yang datang membutuhkan pelayanan. Itu sebabnya, rencana kami, akan kita ajukan dana bangun gedung khusus pelayanan. Jadi kalau ada gedung
pelayanan sendiri, maka masyarakat sangat nyaman saat mengantri untuk
mendapatkan pelayanan dari dinas. Sedangkan gedung Dinas Dukcapil yang
lama, nanti tetap difungsikan untuk aktivitas perkantoran bagi seluruh
pegawai dan staf,” ungkap Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten
Mukomuko, Evi Busmanja, M.Si, ketika dikonfirmasi, Rabu (3/6) siang.

Sedangkan untuk lokasi rencana gedung pelayanan bagi masyarakat yang
membutuhkan KTP, Akta, KK, dan yang lainnya, sudah ada yaitu disamping
kiri gedung Dinas Dukcapil yang lama. Lokasinya sangat  luas, termasuk
lokasi parkir kendaraan milik masyarakat. “Kalau lokasinya cukup luas,
termasuk lokasi untuk parkirnya. Rencana kami  jika anggaranya cukup,
gedung itu akan kita bangun bertingkat. Namun jika tidak cukup, tidak
bertingkat juga tidak apa-apa yang penting memiliki ruang tunggu yang
luas dan nyaman saat masyarakat menunggu antrian,” katanya.

Untuk merealisasikan rencana pembangunan gedung pelayanan, Evi sangat
berharap kepada Pemkab Mukomuko dan DPRD Kabupaten Mukomuko supaya
dapat mengakomodir usulan anggaran yang bakal ia ajukan nanti. “Itu yang sangat kami harapkan, supaya kita bisa memiliki gedung khusus untuk pelayanan masyarakat. Jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh akibat berdesakan saat mengantri untuk mendapatkan pelayanan dari
dinas. Semoga saja, usulan dana yang nanti kami sampaikan dapat dikabulkan,” harap, Evi Busmanja. (Purwati)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.