Dinas TPHP Selenggarakan Pra Peda Sekaligus Pemberian Piagam Penghargaan

137 views

Bungo, medianasional id – Dinas TPHP Kabupaten Bungo selenggarakan Pra Pekan Daerah (Peda) KTNA tingkat Kabupaten Bungo beserta pemberian piagam penghargaan kepada BPP Teladan, Penyuluh Teladan, serta kepada para Camat yang berperan dalam mengembangkan tanaman pangan dan perkebunan yang diselenggarakan di depan Kantor Dinas TPHP, Selasa(10/09).

Tampak hadir dalam acara Pra Peda tersebut Wakil Bupati Bungo H Safarudin Dwi Apriyanto yang sekaligus membuka secara resmi acara Pra Peda tingkat Kabupaten Bungo, Ketua DWP Kabupaten Bungo, para purna tugas TPHP, para Camat dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Bungo, perwakilan OPD dilingkup Pemda Bungo, seluruh kelompok tani serta para peserta Pra Peda tingkat Kabupaten Bungo.

Dalam sambutannya Kadis TPHP Kabupaten Bungo M Hasbi mengatakan pada Pra Peda tingkat Kabupaten Bungo tahun 2019 ini merupakan suatu forum pertemuan sebagai sarana belajar dan mengajar, tukar menukar informasi tentang pengalaman petani, nelayan, peniliti, penyuluh pihak swasta dan pemerintah sehingga dapat meningkatkan semangat dan kemandirian petani, nelayan sebagai pelaku utama pembangunan pertanian perikanan dan kehutanan,” katanya.

PravPeda tingkat Kabupaten Bungo merupakan kegiatan yang berkesinambungan dengan kegiatan Peda KTNA tingkat Provinsi yang hasil akhirnya juga di bawa ke Pekan Nasional (Penas) yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat tahun 2020,” tuturnya.

Lanjut Hasbi, pada kesempatan ini bahwa kegiatan Prapeda KTNA tingkat kabupaten tersebut juga disertai dengan 11 cabang perlombaan yakni, Asah Terampil para Petani, Cerdas Cermat Penyuluh, Orasi Petani, Orasi Penyuluh, Stand up Comedi Petani, Stand up Comedi Penyuluh, Seleksi Benih, Citra Rasa Jenis Kopi, Tarik Tambang, Lari Karung, serta Identifikasi bibit tanaman hutan,” terangnya lagi.

Pada kesempatan ini para pemenang seleksi Pra Peda akan mewakili Kabupaten Bungo di tingkat Provinsi Jambi yang Insyaallah diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang dan langsung didampingi para penyuluhnya seperti tahun 2018 kemaren. Dan seperti yang disampaikan ketua KTNA bahwa tahun 2018, Alhamdulillah Kabupaten Bungo mendapat Juara Umum,” imbuhnya.

Kami beserta para camat dan semuanya ini merupakan bentu kepedulian kita untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Bungo dan Alhamdulillah pada tahun 2018 Kabupaten Bungo mencapai Swasembada Pangan,” tutup Hasbi Kadis TPHP Kabupaten Bungo.

Kegiatan pekan daerah tingkat Kabupaten Bungo ini secara resmi dibuka oleh Wabup Bungo Safarudin Dwi Apriyanto.

Ditempat yang sama seusai acara tersebut Wabup Safarudin Dwi Apriayanto saat diwawancara oleh awak media mengatakan tentu ini merupakan ajang silahturahmi dan sekaligus kompetisi dimana kita akan menyiapkan calon peserta yang mana nanti akan kita ikutkan dalan Pekan Daerah tingkat Provinsi Jambi di bulan Oktober mendatang,” katanya.

“Mudah-mudahan seleksi ini, kita akan menghasilkan para peserta yang berkualitas dan siap tampil di tingkat Provinsi dan Nasional karena bagaimana juga misi kita cukup berat yaitu misi untuk menpertahankan Juara Umum pada saat kegiatan HKP tahun 2018 di kabupaten Batang Hari kemaren,”tuturnya.

Mudah mudahan dengan banyaknya kegiatan serta lomba, sekali lagi akan kompetitif sehingga para peserta memiliki mental yang kuat yang akan diikut sertakan di tingkat Provinsi Jambi,” pungkas Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto S Pd. (fa)

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.