Diduga Tak Miliki Izin, Limbah Jagal Sapi Resahkan Masyarakat Penarik

569 views

Beginilah Keadaan Air Sungai Berau Telah Dicemari Limbah Jagal Sapi

Mukomuko, medianasional.id – Terdapat limbah jagal hewan ternak seperti sapi dan kerbau yang mengaliri sungai Berau, tepatnya antara Desa Penarik dan Desa Sido Dadi Kecamatan Penarik, saat ini membuat masyarakat sekitar menjadi resah. Laporan itu, berdasarkan keterangan dari beberapa warga desa sekitar yang menerima dampak langsung oleh hal tersebut.

Menurut salah seorang warga Desa Penarik yang meminta namanya dirahasiakan, dulunya air sungai itu tempat mandi warga desa. Sekarang kondisinya sangat memburuk, “Selaing bau yang tak karuan, jika terkena kulit menjadi gatal-gatal. Dan keberadaan nyamuk menjadi semakin parah sekali, karena bekas darah hewan yang telah disembelih dibuang ke air sungai, kata sumber yang namanya ada kepada redaksi.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Penarik Dunlop, ditemui dikediamannya Sabtu (10/8) mengatakan pihaknya terlebih dahulu akan mengecek lansung kelokasi. Karena lanjut Dunlop, Ia ingin melihat langusung ke tempat kejadian, agar lebih jelas bagaimana bentuk kondisi air sungai Berau tersebut.

“Kalau begitu kita akan tinjau ulang dulu kelokasi, terutama di kadus 7 itu. Baru kemudian bisa kita tindak lanjuti,” ungkap Dunlop.

Ditempat terpisah, dihubungi via ponsel Kepala Bidang (Kabid) P4K di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, Fernandi, mengatakan pihaknya di DLH belum pernah mengeluarkan rekomendasi secarik kertas pun untuk pengurusan izin jagal sapi, milik atas nama Rafi tersebut.

Diungkapkan Fernandi, beberapa waktu yang lalu pihaknya pernah mendatangi lokasi penjagalan itu, bermaksud hendak memberikan masukan mengenai tata cara pembutan dan kepengurusan izin suatu badan usaha jagal ternak.

“Namun pada kenyataannya, tak pernah digubris oleh pemilik jagal itu. Kalau soal penutupan usaha karena tak memiliki izin, tentunya itu urusan Satpol PP yang melakukan penertiban. Karena kewenangan  dinas itu adalah sebagai penegakan peraturan daerah,” singakatnya.

Sementara itu, awak medianasional.id berusaha mendatangi tempat jagal hewan ternak tersebut untuk mengkonfimasikan kabar yang santer ditengah-tengaah masyarakat, secara kebetulan jagal itu berada didekat kediaman Rafi itu sendiri. Sesampai dikediaman pemilik jagal tersebut, awak media ini disambut oleh istri bersangkutan. Sepertinya pihak bersangkutan, tidak mau diganggu istirahatnya.

“Bapaknya sedang tidur, dan tak bisa diganggu,” kata istri pemilik jagal itu.(Aris)

Mukomuko

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.