Dibantu Kades, Satu ODGJ Akhirnya Diberangkatkan ke RSJ

183 views

Mukomuko, Medianasional.id– Sebanyak satu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) atau gila asal Desa Arga Jaya SP 1 Kecamatan AIr Rami, akhirnya sudah diberangkatkan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bengkulu setelah biaya operasional pemberangkatan pasien ditanggung oleh Kepala Desa (Kades)
Arga Jaya. “Untuk pasien dari Desa Arga Jaya sudah diberangkatkan ke RSJ kemarin. Biaya operasional pemberangkatan ditanggung oleh pak kades,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Saroni, SH.

Sedangkan sebanyak dua orang gila lainnya, hingga sekarang belum bisa
diberangkatkan lantaran tidak adanya ketersediaan anggaran. Saroni mengaku, masih mencari anggaran yang bisa dipakai untuk memberangkatkan dua orang asal Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan
Sungai Rumbai tersebut. “Kami masih mencari anggaran untuk operasional
keberangkatan pasien. Sebab keluarga pasien juga tidak memiliki biaya
untuk itu,” jelasnya.

Sebelum kedua orang itu diberangkatkan ke RSJ Bengkulu, pihak keluarga terpaksa memasungnya di rumah. Sebab mereka ngamuk dan dikhawatirkan bisa membahayakan keluarga yang sehat dan orang lain. “Dari pada timbul hal yang tidak diinginkan, keluarga memutuskan untuk
memasungnya dulu di rumah. Mudah – mudahan ada solusi untuk keberangkatan kedua warga tersebut. Bisa bantuan pemerintah maupun bantuan dari para dermawan,” pungkasnya.

Reporter : Wanti

Editor : Drajat

DomaiNesia

Mukomuko

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.