Di HUT PDAM Wihaji Launching Aplikasi Banyu

Batang111 Dilihat

Batang, medianasional.id Orang nomor satu di Kabupaten Batang Wihaji merasa senang mempunyai PDAM di sebabkan banyak menoreh prestasi serta penghargaan, Namun demikian untuk menjadi yang terbaik harus syaratnya Kontinuitas, bisa menjaga Kualitas dan Kuantitas serta bisa berkomunikasi dengan para pelanggan agar tau secara langsung keluh kesah pelanggannya.

Tutur orang nomor satu di Kabupaten Batang itu bahwa perlu ada tiga hal itu menjadi salah satu ukuran keberhasilan PDAM, sebagai perusahaan daerah maka pelayanan publik untuk melayani masyarakat tapi ingat jangan sampai merugi. Di sampaikan saat hadir pada HUT PDAM Batang yang ke 26 tahun Kamis, 31/1/2019.

Lebih lanjut Wihaji mengatakan, ” Untuk menuju PDAM yang baik maka harus profesional, selalu mengedapankan pelayanan sesuai dengan SOP, oleh sebab itu kami Instruksikan untuk jajaran PDAM sementara waktu menunda layanan pendaftaran pelanggan baru.

“Sepanjang belum mampu memenuhi tiga standar pelayanan terkait Kontinuitas, Kualitas dan Kuantitas maka kita hentikan dulu sampai PDAM benar-benar siap,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Batang itu.

“Dengan mengedepankan SOP, pelayanan yang sudah kita tetapkan termasuk pagi ini kita lounching aplikasi ‘Banyu’ untuk memudahkan masyarakat melakukan pengaduan, Pengecekan dan informasi seputar PDAM akan berpengaruh dengan kualitas terhadap pelayanan ke depannya.

Wihaji beraharap target deviden dari PDAM pun sangat relevan untuk naik dari semula Rp 4 miliar di tahun 2018, menjadi Rp 5 miliar di tahun 2019 ini.

“Kita sedang melakukan evaluasi, kedepan mudah-mudahan jikalau ke depan sudah siap semuanya silahkan PDAM melayani masyarakat karena standarnya sudah terpenuhi,” harap Wihaji.

Direktur PDAM Kabupaten Batang, Yulianto, SH mengatakan, Untuk kinerja PDAM Batang telah mendapatkan penghargaan PAMSIMAS Aword berturut – turut dari jumlah pelanggan 30 ribu hingga dibawah 50 ribu pelanggan.

Lebih lanjut orang nomor satu di PDAM Kabupaten Bogor itu menjelaskan, Masih memiliki pekerjaan rumah yaitu masih ada 3000 pelanggan baru belum bisa terlayani air bersih. Ribuan pelanggan baru tersebut saat ini masuk dalam daftar tunggu. Karena adanya tiga standart pelayanan prima yang belum bisa dipenuhi saat ini yakni, Kontinuitas, Kualitas dan Kuantitas.

Dengan demikian untuk sementara waktu pelanggan baru kami tampung atau tunda dulu pelayananya sampai PDAM benar-benar sudah siap, karena ini merupakan Standart Operational Prosedure (SOP) yang sudah ditetapkan dalam melayani pelanggan secara prima,” Ungkap Direktur PDAM Yulianto, SH.

Yulianto, SH menjelaskan, untuk tiga standar pelayanan yang diterapkan oleh PDAM belum mampu mengkaver kebutuhan 3000 pelanggan baru yang sudah mendaftar seperti pasokan air yang nantinya akan mengalir ke rumah-rumah.

Sementara ini kapasitas air yang terpasang yang pada jaringan PDAM memerlukan pasokan yang lebih untuk peningkatan atau penambahan debit air yang nanti akan disesuaikan dengan pertumbuhan penduduk serta kedepan guna memenuhi jumlah pelanggan baru.

Solusinya di tahun 2019 ini kami sementara akan meningkatkan kapasitas debit air antara 10 hingga 20 liter perdetik, di mana 1 liter perdetik setara atau mampu memenuhi kebutuhan 80 pelanggan, dan di tahun 2020 nanti, pihaknya akan menambah lagi unit Instalasi Kota Kecamatan (IKK) PDAM baru berkapasitas 100 liter perdetik di Banyuputih, di mana untuk kebutuhan kota sebanyak 50 liter perdetik dan 50 liter lainya untuk Kecamatan Banyuputihnya.

Lanjut Yulianto, SH., Untuk sementara pelanggan di PDAM Batang saat tercatat 47 ribu orang dengan kapasitas produksi air sebanyak 500 liter perdetik, jadi dengan beroprasinya IKK baru di tahun ini insya Allah 3000 pelanggan baru yang masuk daftar tunggu akan dapat terlayani dengan baik, ” jelasnya.

Pada kesempatan ini di hari ulang tahun PDAM, kami melakukan undian berhadiah sebagai sarana komunikasi timbal balik dengan para pelanggan di kabupaten Batang, yang tertib dan tepat waktu dalam melakukan kewajiban pembayaran dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10. Oktober – Desember.

” Undian berhadiah tersebut untuk semua pelanggan dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa sepeda motor serta barang – barang elektronik,” Pungkas Yulianto, SH.

Reporter : Puji_Leksono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.