Bupati Wihaji Genjot 2019, Target 60 Persen Atau Sekitar 20.221.000 Wirausaha Baru

258 views

Batang, medianasional.id Tepatnya memasuki 019 Bupati Batang Wihaji mulai giat menggenjot program menciptakan 1.000 wirausaha baru yang menjadi visi dan misinya.

Di tahun 2018 program tersebut sudah memasuki angka 380 atau 40 persen. “Untuk itu saya targetkan 2019 bisa 60 persen sehingga akan menciptakan 20.221.000 wirausaha baru bahkan lebih bisa tercapai,” kata wihaji penuh optimis.

Di sela – sela acara pada saat mengunjungi Kedai Kopi Wintosh Desa Tambakboyo Kecamatan Reban Kabupaten Batang Rabu (2/1) malam.
Bukti pencapaian program menciptakan 1.000 Wirausaha baru di masing – masing Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) sudah ada, lanjutnya, seperti Disperindagkop, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Disparpora, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Dinas Pertanian.

Harapannya di tahun ini juga harus ada visualusasi gambarannya atau video keberhasilan dalam menciptakan wirausaha baru, sehingga pelatihannya dan perbandingannya tidak hanya formalitas saja,” ucap wihaji.

“Berbagai bentuk terobosan harus ada kreativitas, inovasi baru dalam berwirausaha serta unik, karena sekarang masyarakat cenderung mencari segala sesuatu yang beda, sehinga menarik pengunjung ataupun pembeli,” kata Wihaji.

Saat ini Pemerintan Kabupaten Batang akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada semua peserta pelatihan kewirausahaan atau UMKM. Apapun kegiatan yang positif guna menciptakan lapangan pekerjaan akan kita suport dan akan kita rumuskan bagaimana bisa mendapatkan modal, marketnya, lanjutnya.

“Acara di kedai kopi wintosh ini merupakan hasil dari pembinaan dan pendampingan Pemkab untuk program menciptakan wirausaha baru, Kedai yang di kelola pemuda desa sangat kreatif dan inovatif dan milenial banget, unik, viewnya sangat indah hamparan sawah dan pegunungan, tamunya pun tidak hanya dari Batang saja, tapi sudah dari luar daerah setelah menikmati wisata di Batang di lanjut dengan ngopi,” katanya.

Dalam menciptakan wirausaha baru kita lebih pada ekonomi kreatif, karena untuk mendukung visit Batang 2022, yang berharap akan di kunjungi wisatawan dalan negeri atau mancanegara dengan potensi wisata yang di miliki Batang sangat luar biasa ada pantai dan ada gunung.

Sementara itu Kepala Desa Tambakboyo Kecamatan Reban Sodikin mengatakan bahwa usaha kedai kopi ini merupakan terobosan dari pemuda desa, selain itu juga ada pembinaan dan pemberdayaan petani kopi di desanya.

“Selain kedai kopi kita juga punya kampung bakso sekitarnya ada 35 pedagang, yang sudah koperasi untuk menyediakan bahan bakunya, dan ini hasil dari pembinaan dan pendampingan Pemkab Batang,” kata Sodikin.

Di katakan pula oleh Kades Tambakboyo selalu aktif meminta kepada OPD Pemkab Batang melalui Bupati untuk melatih, mendampingi, membina warga kami yang ingin menjadi wirausaha baru.
“Dalam satu tahun desa bisa menciptakan 40 wirausaha baru dan yang paling banyak usaha di bidang baksi,” katanya.

Reporter : Sukirno
Editor : Puji Leksono

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.