Bupati Saksikan Pengukuhan Gelar Adat 9 Datuk Rio serta Tandatangani Fakta Integritas di Wilayah Kecamatan Taseplintas

175 views

 

Bungo, medianasional.id – Bupati Bungo H Mashuri SP ME menghadiri serta menyaksikan Pengukuhan Gelar Adat 9 Datuk Rio sekaligus Pelantikan TP PKK Dusun di wilayah Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas (Taseplintas) yang diadakan di lapangan Kantor Camat, Rabu (29/07/2020).

Selain Bupati Bungo H Mashuri SP ME juga hadir Sekda Bungo Drs Mursidi MM, ketua TP PKK kabupaten Drs Hj Verawati Mashuri S Pd M Pd, para Staf Ahli dan Asisten, para Camat, para Kepala OPD dan Kabag lingkup Pemkab Bungo, para Datuk Rio yang dikukuhkan, ketua BPD dan seluruh anggota se Kecamatan Taseplintas
serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Camat Tanah Sepenggal Lintas Endy S Pd MM menyampaikan pengukuhan Rio terpilih ini merupakan hasil pemilihan Rio serentak di Kecamatan Taseplin periode 2020 – 2026 dan pelantikan serentak yang dilakukan oleh Bupati Bungo H Mashuri SP ME yang beremat dibRuang pola Kantor Bupati pada tanggal 24 April 2020.

Endy juga menyampaikan selamat datang kepada Bupati Bungo H Mashuri SP ME beserta Rombongan di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

“Pelaksanaan pengukuhan gelar adat Datuk Rio terpilih periode 2020 – 2026 sebagai berikut  yaitu Dasar surat Bupati Bungo Nomor 141./347/DPRD tahun 2020 tertanggal 7 Juli tahun 2020 tentang jadwal pengukuhan gelar adat Rio dan pelantikan ketua TP PKK Dusun di Kecamatan Taseplin,” katanya.

Adapun pengukuhan gelar adat Rio terpilih di sembilan Dusun yakni Dusun Embacang Gedang, Sungai Mancur, Tanah Periuk, Tebing Tinggi,Rantau Makmur, Rantau Embacang, Paku Aji, Sungai Puri serta Dusun Pematang Panjang.

Serta pelaksanaan pengukuhan ini dibadani oleh angaran pendapatan perangkat Dusun ( Apbdus) dari 9 dusun tahun anggaran 2020,” pungkasnya.

Dilanjutkan dengan pelantikan ketua TP PKK Dusun serta penandatanganan Fakta integritas oleh Rio di sembilan Dusun dan oleh Bupati Bungo H Mashuri SP ME.

Dalam sambutannya Bupati Bungo H Mashuri SP ME mengatakan pada pagi hari ini kita sama sama menyaksikan Pengukuhan Gelar Adat Datuk Rio kepada Datuk Datuk Rio sebagai pemangku adat di Dusun.

Dikatakannya lagi, Itulah kelebihan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Bungo yang tidak dimiliki oleh seluruh desa desa di Indonesia ini, selain menjadi Datuk Rio sebagai kepala pemerintahan di dusun Datuk Rio juga sebagai pemangku adat di Dusun nya masing-masing.

Karena didalam peraturan undang undang kita diperbolehkan dalam penyebutan Desa dengan penyebutan lainnya sesuai kearifan lokal, kali kita di Bungo ini disebut dengan Datuk Rio kalau di Sumatra barat disebut dengan walinagari dan banyak juga di tempat lain diberlakukan penyebutan penyebutan lain yang diperkenankan oleh undang-undang,” terangnya

Tentu ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita maka kita dapat menerapkan adat istiadat kebiasaan yang ad ditengah tengah masyarakat kita,”tuturnya

Untuk itu kami atas nama pribadi dan atas nama pemerintahan kabupaten Bungo menyampaikan ucapan selamat kepada Datuk Datuk Rio yang telah dikukuhkan gelar adatnya pada hari ini sekaligus kepada ibu penggerak PKK di Dusun kami sampaikan ucapan juga selamat,” ucapnya

Memang menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah, dipundak kita semua lah harapan itu digantungkan, untuk itu kami yakin dan percaya Datuk Rio bersama sama dengan masyarakatnya bisa mewujudkan cita cita Dusun masing masing.

Kami juga menyampaikan kepada masyarakat pemimpin itu tidak ada apa apanya kalau tidak dibantu dan dukung oleh seluruh warga masyarakat nya, untuk itu kami memohon marilah bahu membahu dengan pemimpinnya, kok kemudik sama sama, kok ke hulu ke hilir sama sama kemuaro (pepatah adat Bungo) insyaallah apa yang di cita cita kan Datuk Rio bersama masyarakat di Dusun akan lebih mudah terwujud, kebersamaan dan gotong royong itulah kunci keberhasilan kita di Dusun,”tambahannya

Bupati Bungo H Mashuri SP ME juga tak lupa menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami tak akan pernah lupa menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan teruslah optimis bahwa wabah Covid 19 ini akan musnah dari hadapan kita semua,” tutup Bupati Bungo H Mashuri SP ME. (fa)

DomaiNesia

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.