Bupati Bungo Bersama Rombongan Hadir Pada Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental

115 views

Kalsel, medianasional.id – Bupati Bungo H Mashuri SP ME didampingi Kepala Bappeda Syafrizal, Kadis Kesehatan dr Safarudin Matondang MPH dan Kadis Lingkungan Hidup Ir H Prasetyo M Si, Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Toto Tohirin, Kepala BPBD dan Kesbangpol Ir. H Indones
turut hadir pada acara Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental yang digelar di Komplek Perkantoran Banjar Baru Kalimantan Selatan, Kamis (19/09/2019).

Tampak hadir pada acara tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Komolo, Kemen PAN RB Drs Syafruddin M Si, para Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia serta para Kadis terkait pada Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental dan undangan lainnya.

Gerakan Revolusi Mental ini sebagai amanat inpres nomor 12 tahun 2016 tentang gerakan nasional revolusi mental.

Dimana presiden menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, Kementerian pemerintah daerah seluruh gubernur seluruh Bupati Walikota, acara massive untuk melakukan gerakan revolusi mental.

“Melalui lima program pertama, program Indonesia melayani Program Indonesia Tertib, program Indonesia mandiri, program Indonesia Bersatu dan Program Gerakan Indonesia Bersih.

Pekan Kerja Nyata Revolusi mental ini dimulai pada Kamis (19/9/2019) sampai, Sabtu 21 (21/9/2019).

Dimana ada beberapa agenda di antaranya, ada Pembukaan Pameran di Kompleks Perkantoran Banjarbaru, Pembukaan forum Dialog Raja, Sultan, Kelapa Suku, Pelengsir Adat Nusantara di Jelita Hotel.

Peresmian Galeri Inovasi Layanan Publik Terpadu, di Eks kantor Camat Landasan Ulin, Lapor SPAN Lapor Gpes to Campus, di Auditorium ULM.

Penyerahan, Bantuan Kur dan Hewan ternak Ponsok Pesantren Ushuludin Martapura,

Acara puncak pembukaan di Komplek Perkantoran Setdaprov Kalsel, Presiden RI,. Galadinner dialog kebangsaan gedung Idham Chalid.

Panggung Hiburan, gelar lan panggung merah putih ragam seni dan budaya nusantara.

Esok harinya ada acara gerakan gotong royong bersih-bersih di halaman PDAM Bandarmasih, Rembuk Nasional Gerakan Indonesia tertib, Gerakan Indonesia Bersatu, Gerakan Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Malayani, Paket Wisata Kiram Park Taman Hutan Raya, serta Gelaran panggung merah putih. Kemudian Sabtu Penutupan.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Komolo mengatakan gerakan revolusi mental yang diusung Presiden Joko Widodo harus dimulai dari diri sendiri, salah satuya dengan cara peduli dan peka terhadap kondisi alam dan kondisi sosial.

“Revolusi mental harus kita mulai dengan diri kita sendiri, harus melihat pimpinan kita, keberagaman kita, kepedulian kita,” kata Tjahjo dalam Pembukaan Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kantor Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (19/09/2019).

Salah satu bentuk kepekaan dan kepedulian pemimpin dan masyarakat adalah melalui ujian bencana yang kerap melanda beberapa wilayah di Indonesia yang dipengaruhi oleh kondisi alam dan faktor cuaca seperti banjir, kekeringan, dan lain sebagainya.

“Mulai dari Gubernur, camat, kepala desa, kalau ada musibah, jangan meninggalkan daerahnya, terjunlah ke bawah bersama masyarakat dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan bencana secara cepat,” ungkapnya.

Gerakan revolusi mental yang secara sadar telah tumbuh adalah individu-individu dalam masyarakat juga tercermin dari tingkat kesadaran masyarakat dalam gaya hidup bersih dan sehat, tertib, berpartisipasi aktif dalam kegiatan demokrasi, serta menggerakkan ekonomi kreatif.

Diakhir sambutannya, ia mengajak semua pihak untuk sama-sama meningkatkan sualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui instrumen revolusi mental untuk menuju “SDM unggul, Indonesia Maju.”

“Ke depan, mari kita tingkatkan kualitas SDM kita, meningkatkan harkat dan martabat bangsa kita, melalui revolusi mental ‘bekerja, bekerja, bekerja’ dan tentunya dengan keyakinan kita atas ridho (kehendak) Allah SWT,” tutup Tjahjo. (fa)

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.