BKKBN Lampung Selatan Adakan Lokmin Kampung KB

199 views

 

Lampung Selatan, medianasional.id – Badan Kependuduk dan Keluarga Berencana (BKKBN) Lamsel mengadakan kegiatan Loka Karya Mini (LOKMIN) Kampung KB di Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. Selasa (14/01/2020) pukul 13.00 sampai selesai.

Turut hadir Camat Penengahan Erdiyansyah, Dinas Pendidikan lamsel, Dinas PU, Dinas Kesehatan, kepala Desa dan Masyarakat Desa Way Kalam.

Di Kecamatan Penengahan ada dua Desa yaitu Desa Way Kalam di tetapkan Kampung KB dari 2017 sampai 2020 dan Desa Banjarmasin ditetapkan dari tahun 2018 sampai sekarang tahun 2020.

Sopi selaku pengisi materi dari BKKBN kabupaten Lamsel menyampaikan dan menghimbau kepada masyarakat yang ada di Desa Way Kalam di tahun 2020 ini harus target ODF.

“Peserta KB masih rendah di tahun 2017 dan masih rendah peserta KB, di samping ada indikator-indikator, belum adanya perbaikan infrakstuktur, atau warga belum memiliki jamban. Semenjak Desa Way Kalam ditetapkan Kampung KB dan kini lahan perlahan sudah membaik, di Desa Way Kalam hanya tertingal di dusun 4 lagi yang belum memiliki jamban tapi ditargetkan selesai tahun ini atau sudah ODF. Di tahun 2020 ini Desa Way Kalam di targetkan ODF atau mendapatkan sertifikat dari dinas Kesehatan, apapun kegiatan yang ada di Way Kalam ini harus dilaporkan karena kita bicara data. Dampak dari program KB akan terlihat efek nya ke 20 tahun kedepan ,di tahun ini aja dari sensus penduduk sudah bertambah untuk penduduk Indonesia dan ini kalau di biarkan maka akan terjadi kepadatan, boleh dengan anak dua atau lebih tapi di atur jarak untuk melahirkannya. Yang bisa memajukan desa ini adalah bapak Ibu yang ada di desa ini atau masyarakat Desa Way Kalam. Semua ini ada progres dari laporan KB online agar semuanya masuk ke data,” papar Sopi.

Lanjut M. Thohir selaku koordinator Kependudukkan (KORDUK) seusai di acara tersebut selesai kepada media ini menyampaikan, “Untuk di Kecamatan Penengahan khususnya di Desa Way Kalam dari tahun 2017 sampai sekarang sudah turun 68 % tinggal sisa nya hanya 32 % lagi ,jadi target kita di tahun 2020 ini sudah selesai, “kata M. Thohir.

Kades Way Kalam yang diwakili oleh Anwar Haqiqi selaku Sekdes Desa Way Kalam menghimbau kepada masyarakat atau warga agar mengikuti apa yang di sosialisakan dari dinas terkait atau dari desa tersebut untuk mematuhi himbauan tersebut.

“Untuk Kampung KB di Desa Way Kalam ini kami menghimbau bagaimana masyarakat yang ingin mempunyai anak lagi agar di kasih jarak dari 0 – 5 tahun. Ada 80 rumah yang sudah mempunyai MCK cuma mereka belum mempunyai septic tank untuk di rumah masing- masing. Hanya tinggal di dusun 4 lagi yang belum mempunyai septic tank, kalau untuk kloset semuanya sudah ada. Di tahun 2020 ini terget kita sudah selesai agar Desa Ini ODF dan mendapatkan Sertifikat dari Dinas Kesehatan dan Dinas terkait,” tutup Anwar Haqiqi selaku Sekdes saat di wawancarai Media ini.( Amin Padri)

DomaiNesia

Lampung Selatan

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.