Bara JP Banyumas Dorong Pemberdayaan Ekonomi

194 views

Baturraden, Medianasional.id — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Banyumas mendorong pemerintah meningkatkan pemberdayaan perekonomian. Oleh karena Bara JP mengadakan Kopdar Bara JP Banyumas untuk berdiskusi membahas pengembangan potensi ekonomi untuk Banyumas dan Peran Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kapasitas Pemberdayaan Perekonomian pada Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan digelar Sabtu (13/09/2020) di D Bellot Cafee Rempoah Baturraden.

Kopdar kali ini dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono, Sekjen Bara JP Banyumas Raya Hari Midiartono, S.E dan puluhan Bara JP Banyumas. Ketua DPC Bara JP Banyumas Sony Bharata mengatakan Kopdar kali ini tidak akan membicarakan politik, melainkan bicara tentang pemberdayaan anggota, mengingat Bara JP beranggotakan sampai tingkat desa.

“Dengan banyaknya anggota, terdapat berbagai tantangan sekaligus peluang pada sektor pemberdayaan perekonomian, apalagi sedang terjadi pandemi ini,” katanya.

Sementara itu Sekjen Bara JP Banyumas Raya Hari Midiartono, S.E, berharap anggota Bara JP dapat berkolaborasi dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya anggota bara JP bukan hanya politisi tetapi berbagai profesi.

“Pemerintah daerah bisa memanfaatkan jaringan Bara JP untuk mendukung program yang sedang berjalan,” katanya.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan saat ini program pemerintah bukan lagi top down, melainkan button up. Pemkab Banyumas sangat welcome terhadap program-program masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini Pemkab Banyumas sudah bekerja sama dengan Perhutani, banyak hal yang bisa menjadi peluang. Seperti penggarapan lahan, ternak kambing dan sebagainya. Kalo usulan secara profesional maka pemkab akan turut membantu,” katanya

Sedangkan Edy Daryono salah satu peserta mengingatkan bahwa anggota juga banyak yang wanita. Sehingga perlu diberdayakan dengan pembentukan UMKM agar mereka juga ikut terlibat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Jadi perlu adanya pelatihan pelatihan untuk anggota Srikandi, agar mereka ikut terlibat,” katanya.

Editor : Putri

Kontributor : Parsito

DomaiNesia

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.