Bangkitkan Destinasi Wisata Mataram di Tengah Pandemi

151 views

Mataram, Medianasional.id- NTB sebagai daerah yang memiliki ragam destinasi wisata cukup terpukul dengan pandemi Covid-19. Wisatawan mancanegara mengalami penurunan yang sangat signifikan, sehingga NTB harus “menggayung” wisatawan lokal untuk datang menikmati wisata.

Tidak semua destinasi wisata yang telah terekspos di NTB. Minimnya promosi tersebut membuat banyak destinasi baru harus berupaya menarik minat pengunjung dengan mempercantik diri.

Salah satu destinasi baru yang belum terekspos maksimal adalah Pantai Batas Senja. Pantai tersebut berlokasi di Lingkungan Mapak Belatung, Kelurahan Jempong, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Pantai itu dilaunching pada 17 Agustus 2020 lalu.

Untuk menarik minat wisatawan lokal mengunjungi pantai tersebut, paslon Walikota dan Wakil Walikota Mataram, Hj Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan, Sabtu (19/9) menyatakan, pantai ini perlu dipromosikan agar lebih terkenal dan makin banyak yang berwisata ke tempat ini.

“Pantai boleh dihidupkan yang penting tetap menjaga protokol kesehatan. Kita membagikan masker. Saya lihat sudah bagus, setiap Sabtu ada live music, jadi masyarakat kita sudah cerdas. Kita tidak perlu takut tapi tetap waspada,” ujarnya.

Bersama masyarakat setempat, Selly melepas puluhan anak penyu atau tukik yang disaksikan pengunjung untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konservasi. “Ini sekaligus meneguhkan komitmen kami (SALAM) dalam menjaga pelestarian lingkungan biota laut,” ujanya, seraya meminta masyarakat agar tidak mengkonsumsi telur penyu demi kelestarian habitat laut tersebut.

Ia menginginkan, pantai ini menjadi edukasi wisata untuk tukik. Kalau dia hidup menandakan pantai kita bersih dari sampah. Hal ini jadi edukasi kepada anak-anak kita, jangan telurnya diambil dan dikonsumsi. Untukpengelola pantai menambahkan fasilitas bak sampah untuk kebersihan pantai. .

“Selama pandemi ini masyarakat juga butuh refreshing dan berekreasi. Nah menghidupkan gairah destinasi menarik seperti Pantai Batas Senja ini, salah satu upaya bagaimana menggerakan kunjungan wisatawan lokal. Masyarakat Kota Mataram dan NTB pada umumnya, bisa punya destinasi alternatif yang dipastikan bebas Covid-19,” tambah Selly.

Calon Wakil Walikota Mataram, TGH Abdul Manan menambahkan, selain mengkampanyekan protokol kesehatan, masyaakat di Pantai Batas Senja perlu terus diberikan motivasi dan support bagi pelaku wisata agar terus semangat dan bertahan melewati masa sulit ini.

“Semua merasakan dampak pandemi ini, bukan hanya Mataram, Indonesia, bahkan seluruh dunia terkena dampak. Tetapi semangat jangan sampai pudar, kita semua harus bisa beradaptasi dengan tantangan saat ini, tentu saja dengan inovasi dan kreativitas menangkap peluang,” ujarnya. (herm)

DomaiNesia

NTB

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.