Babinsa Rawajaya Berikan Pembekalan dan Pelatihan PBB kepada Anggota Linmas Wilayahnya

120 views

Cilacap, medianasional.id – Tingkatkan kedisiplinan dan peran Linmas di desanya, Aparat Pemerintah Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari menggandeng anggota TNI dari Koramil 09/Kawunganten untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan PBB. Dalam kegiatannya dilaksanakan di Area Kantor Desa Rawajaya, Jumat (18/9/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Rawajaya Martoyo, Babinsa Serka Suwarno, Babinkamtibmas Bripka Afik S., dan Danton Linmas Muhkdori serta 20 orang anggota Linmas.

Diawal sambutannya, Kades Rawajaya mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan khususnya anggota Linmas Desa Rawajaya yang bisa hadir dalam acara ini. Dia menjelaskan bahwa pemerintah desa akan secara bertahap memperhatikan kesejahteraan seluruh anggota linmas salah satunya yaitu akan dimasukan ikut dalam BBJS Ketenagakerjaan.

“Jadi selama masih menjadi anggota Linmas untuk BBJS Ketenagakerjaan akan ditanggung pemerintah desa, karena BBJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi anggota Linmas, namun demikian doa saya untuk anggota Linmas tetap sehat,” Ucap Martoyo.

Dia menyebut sengaja mengundang anggota TNI dari Koramil Kawunganten untuk memberikan arahan, pembinaan, pelatihan dan lainnya sehingga anggota Linmas nantinya akan lebih baik, disiplin dan lebih semangat. Untuk itu dia mengharapkan agar dalam pelatihan nanti, yang diberikan oleh Babinsa agar diserap oleh seluruh anggota Linmas karena baginya, anggota linmas adalah cermin dari pemerintah desa. Tolong apa apa yang dilatihkan oleh Babinsa Rawajaya bisa diserap dan dipelajari dirumah yang merasa masih ragu ragu dan belum bisa karena anggota linmas adalah cermin dari pemerintah desa,” himbaunya.

Dihadapan seluruh anggota Linmas, Serka Suwarno menjelaskan bahwa anggota Linmas merupakan rekan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di lapangan. Mereka mempunyai tugas dan fungsi yang hampir sama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan desanya.

“Sekarang Pemerintah, TNI dan Polri lagi gencar gencarnya operasi swiping masker jadi seluruh anggota linmas harus ikut mendukungnya dengan mensosialisasikan di wilayahnya agar warga mematuhi protokol kesehatan karena virus corona ini masih sangat membahayakan,” jelasnya.

Dia juga menghimbau agar anggota linmas peka terhadap situasi dan kondisi desanya terlebih lagi saat ini memasuki musim kemarau yang rawan dengan kekeringan dan kebakaran. Menjelang kemarau, seluruh anggota linmas awasi masalah sampah kering yang mudah terbakar. Jikalau sampah harus dibakar, harus ditunggu sampai api benar benar mati baru ditinggalkan karena musim kemarau rawan kebakaran,” tambahnya.

Selanjutnya Babinsa memberikan pelatihan PBB di halaman Kantor Desa Rawajaya. Hal ini sangat penting, sebagai pelindung masyarakat, anggota linmas harus mempunyai jiwa disiplin, keteladanan untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakatnya. Melalui pelatihan ini diharapkan satuan linmas akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungannya.

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

DomaiNesia

Cilacap

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.