Babinsa Dampingi Kegiatan Orientasi Tenaga Lini Lapangan Program Bangga Kencana Kecamatan Kaligondang

101 views

Purbalingga, medianasional.id – Babinsa Koramil 02/Kaligondang Serka Lasmoko melaksanakan pendampingan kegiatan orientasi tenaga lini lapangan program Bangga kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana). Kegiatan tersebut bertempat di Aula Abu Bakar Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, ( 22/09/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam kaligondang Bambang Wahyono, S. Sos, M. Si., Koordinator pelayanan KB Kecamatan Kaligondang Eman, Kepala P3A Yunita Anggraeni, Babinsa Koramil 02/Kaligondang Serka Lasmoko dan kader pelayanan KB desa.

Eman, selaku Koordinator pelayanan Keluarga Berencana Kecamatan Kaligondang dalam sambutannya mengatakan bahwa tenaga lini lapangan program Bangga Kencana ini diharapkan berperan aktif di masyarakat, terutama di masa sekarang ini yang masih masa pandemi Covid-19.

“Sekarang masih Pandemi Covid-19 maka perlu peran aktif tenaga lini lapangan, guna mencegah terjadinya putus pakai kontrasepsi yang mengakibatkan unmeet need ( kebutuhan tidak terpenuhi) dan drop out KB ( aseptor yang menhentikan kontrasepsi selama 3 bulan), serta agar ibu, bayi, balita dan keluarga tetap sehat. Tenaga lini lapangan ini adalah orang-orang yang memiliki kepedulian dalam pengelolaan dan pelaksanaan program Bangga Kencana di lini lapangan,” katanya.

“Dalam pencegahan penularan Covid-19 dan pola asuh terhadap anak saat pandemi masyarakat tetap diharapkan menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitasnya. Disampaikan juga tentang peran posyandu dalam kesehatan masyarakat di masa pandemi Covid-19 adalah membantu mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang covid-19 kepada masyarakat,” tambahnya.

“Tentang pelayanan Keluarga Berencana pada masa menuju new normal ini, beberapa diantaranya yaitu konseling via online, jika ada keluhan maka membuat janji pertemuan dengan tenaga kesehatan via online,” pungkasnya.

Di tempat yang sama Babinsa Serka Lasmoko menyampaikan kepada peserta kegiatan agar ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat karena dengan cara itu imun kekebalan tubuh kita menjadi kuat sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Dan patuhi prosedur protokol kesehan untuk mencagah penyebaran Covid-19.

Reporter : Bambang

Editor : Tyo

DomaiNesia

Purbalingga

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.