Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Gorut Pimpin Rapat Persiapan Evaluasi LAKIP

95 views

Gorontalo, Medianasional.id — Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara melakukan rapat persiapan evaluasi LAKIP oleh Kemenpan RB dalam waktu dekat ini.

Rapat persiapan evaluasi ini dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Yosfin Dangkua, S.Pd Kamis, (25/6) diruang rapat Tinepo Kantor Bupati.

Dikatakan bahwa, nantinya terhadap setiap aspek yang dinilai, dilakukan pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, pembandingan dengan data sekunder, dan konfirmasi-konfirmasi seperlunya.

“Kemudian setiap subkomponen yang dievaluasi ini ditetapkan kriteria penilaiannya dengan menggunakan standar dan kebenaran normatif yang ada pada peraturan perundangan, pedoman, serta petunjuk yang berlaku, maupun mengacu pada praktik-praktik terbaik (best practices) manajemen kinerja dan akuntabilitas kinerja,” imbuhnya.

“Sehingga itu kepada OPD yang dijadikan sampel perlu menseriusi hal ini, dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Oganisasi Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Sarce Kandow, S.Pd menyampaikan bahwa, Evaluasi LAKIP ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan
mengidentifikasi berbagai kelemahan dalam penerapan sistem akuntabilitas kinerja, di lingkungan instansi pemerintah (SAKIP).

Lanjut Sarce Kandow, memberikan saran perbaikan atau rekomendasi untuk peningkatan kinerja dan penguatan akuntabilitas instansi pemerintah dan menyusun pemeringkatan hasil evaluasi guna kepentingan penetapan kebijakan di bidang pendayagunaan aparatur negara.

“Dalam melakukan evaluasi LAKIP Kemenpan RB melakukan penilaian terhadap aspek-aspek, perencanaan, pengukuran kinerja, pelaporan capaian kinerja dan pemanfaatan hasil evaluasi.
Untuk Pemda Gorontalo Utara ada 15 OPD yang akan dijadikan sampel evaluasi sesuai araha Kemenpan RB,” kata Sarce.

Sumber Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Gorut.
Reporter : Rh

Editor : Putri

DomaiNesia

Gorontalo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.