Pemkab Lampung Selatan Berupaya Kembangkan Karya Seni Lokal Kikat Kepodang

Lampung Selatan89 Dilihat

 

Lampung Selatan, Medianasional.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan sedang mengembangkan Kikat Kapodang di Lembaga pelatihan kursus seni (LPKS) “TIAAAZ” di Desa Kekiling kecamatan Penengahan. Senin (16/09/2019)

Saat wartawan Media Nasional berkunjung  ke kantor bidang kebudayaan bertemu kepada Kasi Pengembangan Seni Idkhomsyah di ruang kerja yang sedang  membuat Kikat Kapudang pesanan dari pejabat Pemprov yang mulai banyak peminat.

“Ia mengatakan untuk pembuatan Kikat Kapodang bisa memakan waktu selama satu jam untuk pengerjaan pembuatan Kikat Kapodang tersebut, LPKS “TIAAAZ” sudah membuat atau memproduksi sekitar ratusan lebih dan sekarang saja banyak yang memesan Kikat Kapodang baik dari kabupaten atau dari provinsi karena Kikat Kapodang dipakai saat ada acara, tapi sekarang kita mau kembangkan agar masyarakat umum bisa memakainya, karena kalau dulu Kikat Kapodang hanya dipakai di acara resepsi perkawinan aja, tetapi sekarang Kikat Kapodang bisa dipakai sehari-hari baik itu di kantor-kantor atau  acara rapat resmi atau event-event besar,” Kata Idkhomsyah.

Masyarakat dan pemerintah terus berupaya mengembangkan seni dan budaya kearifan lokal menjadi magnet pengembangan sektor wisata ataupun kerajinan dan seni agar wisatawan yang datang bisa membeli kerajinan yang ada di kabupaten Lampung Selatan.

“Baik yang ada di desa-desa agar yang datang bisa mengenal kerajinan atau karya seni yang ada di kabupaten kita, kapan lagi kita kembangkan dari sekarang ini kita membuat kerajinan lokal atau mengenalkan kearifan lokal baik itu Kikat Kapodang, tarian daerah atau lagu daerah dan lainnya, ungkap Idkhomsyah. (Amin Padri)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.