720 Pramuka Penggalang Ikuti Lomba Tingkat II

140 views

Purwokerto, medianasional.id – Sebanyak 720 pramuka penggalang mengikuti Lomba Tingkat II yang digelar oleh Kartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Selatan Senin (12/8) hingga Rabu (14/8) di Lapangan Kelurahan Karangklesem. Mereka berasal dari pangkalan SD dan SMP yang berada di Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.

Ketua Kwarran Purwokerto Selatan Drs Jaswito mengatakan mengatakan sasaran yang hendak dicapai dari lomba ini adalah peningkatan prestasi pramuka penggalang di tingkat ranting, mempererat persatuan dan kesatuan, juga menumbuhkan jiwa kemandirian, kepemimpinan, nasionalisme dan kepedulian terhadap lingkungan dan alam. Peserta lomba berasal dari 72 regu dari 36 sekolah SD dan SMP di Purwokerto Selatan.

“Setiap regu mengirimkan sepuluh pramuka penggalang sehingga keseluruhan peserta yang mengikuti lomba sekitar 720 orang, masing masing didampingi oleh Pembina dan pelatih,” katanya.

Sementara itu ketua panitia Dra Sutiar Wismawati, M.Pd mengatakan selain mengikuti lomba peserta juga mengikuti kegiatan perkemahan selama 3 hari dua malam. Hal tersebut juga untuk menyongsong dan memperingati hari Pramuka ke 58.

Adapun materi kegiatan yang akan dilombakan yaitu kelompok mental spiritual dan patriotisme, kelompok pengetahuan umum dan kepramukaan, keterampilan kepramukaan, manajemen regu, keterampilan teknologi, juga kelompok non lomba.

“Lomba tersebut antara lain pionering, smaphore, morse peluit, P3K, Yeyel Regu, PBB Tongkat, Panorama, menaksir ketinggian, sandi serta pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan,” jelasnya

Sutiar berharap lomba ini dapat menjadi modal bagi para peserta untuk menjadi generasi yang terampil, tangguh, bertanggungjawab, mempunyai mental kuat untuk di aplikasikan ditengah-tengah masyarakat, sebagai mana tujuan pendidikan kepramukaan yaitu pembentukan karakter bagi para pesertanya.

“Tetapi lebih utama agar peserta didik mempunyai akhlak mulia dan berbudi pekerti luhur sehingga nantinya berguna bagi bangsa dan negara,” lanjut Sutiar.

Kontributor : Parsito

Editor : Dian

Pramuka Purwokerto

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.