129 views

Batang, medianasional.id Dalam rangka mendukung program pemerintah dan pembangunan serta terselenggaranya pemerintahan yang baik di Kabupaten Batang, diperlukan keterbukaan informasi publik dan penyebarluasan informasi melalui penyediaan data yang memadai.

“Kita harus samakan visi dan misi dalam pengumpulan data untuk terselenggaranya pemerintah yang baik. Maka data harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Wakil Bupati Batang saat membuka Forum Group Diskusi ( FGD) Daerah Dalam Angka yang berlangsung di Hotel Sendang Sari Batang. Rabu, (17/7/2019).

Oleh karena itu, petugas yang mengumpulkan data harus berintegritas karena kita dituntun menyajikan data secara jujur sesuai fakta. Apalagi terkait dengan data masyarakat yang bertujuan untuk kesejahteraan.

” Jangan sampai menyajikan data hoax, tidak akurat kerana ketidak akuratan data maka dapat berimplikasi terhadap masyarakat,” jelas Politisi Partai Persatuan Pembangunan itu.

Bagi petugas pengumpul data dalam menyajikan ke Badan Pusat Statistik seharusnya data yang berintegritas, karena akan jadikan singgle data yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dan dapat diakses melalui Batang dalam angka.

“Batang dalam angka merupakan data semuanya di Batang, dari jumlah telur, hewan sampai manusia diketahui melalui data tersebut, dengan kemajuan teknologi data harus dapat diakses oleh masyarakat,” ucap Suyono.

Ia pun meminta melalui forum diskusi ini diharapkan ada kesimpulan yang baik terkait pengumpulan data yang valid, dengan pentingnya mencatat dan mendata.

“Melihat data dari sistem pemerintahan Belanda yang dari zaman dulu catatnya masih ada, dalam ajaran agama pun kita disuruh mencatat dengan teliti serta menginventarisir, tapi Pemerintah justru ketinggalan dari masa – masa lalu yang sesungguhnya harus menjadi pelajar kita,” pungkasnya.

Reporter : Puji_L

Batang data BPS

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.