Pemkab.Luwu Utara akan Replanting Sawit 1600 HA

Pemkab.Luwu Utara akan Replanting Sawit 1600 HA

Luwu Utara, Medianasional.id – Dinas Tanamam Pangan Horticultura Perkebunan(TPHD) Kabupaten Luwu Utara yang mengadakan raplanting atau peremajaan tanaman Kelapa Sawit yang umurnya sudah tua patut diapresiasi semua pihak.

Hal ini dikatakan Kadis TPHB Luwu Utara Ir Agussalim Lambong pada media ini disela-sela Safari Ramadhan Semalam di desa Pengkendekan Kecamatan Sabbang,malam, (4/6) kemarin.

” Untuk tahun 2018 ini ditargetkan peremajaan kelapa sawit di Luwu Utara 1600 hektare. Untuk memberikan efektifitas peremajaan, pemerintah mendorong agar pelaksanaan peremajaan menggunakan pola tumbang serentak, memanfaatkan tanaman sela, khususnya pada periode tanaman belum menghasilkan(TBM) dengan tanaman pangan dan memanfaatkan kayu hasil peremajaan, dengan anggaran untuk 1 hektare dibantu pemerintah Rp.25 juta, dan ini dana hibahm” papar Kadis TPHP Ir Agussalim Lambong.

Karena dengan adanya program tersebut, petani kelapa sawit Luwu Utara akan sangat terbantu mendapatkan bibit unggul gratis termasuk perawatan pasca penanaman seperti pupuk. Selama ini produksi Tandan Buah Segar (TBS) dari kelapa sawit yang usianya sudah lebih dari 35 tahun itu sangat menurun, baik dari aspek kuantitas terlebih kualitas.

Oleh karena itu, dengan program Replanting ini, maka satu persoalan pemerintah daerah atas kebutuhan petani kelapa sawit sudah teratasi.

” Makanya program pemerintah pusat ini, Agussalim Lambong minta kepada seluruh pekebun kelapa sawit, semangat bekerja semuanya, karena ada dana hibah dari pemerintah pusat untuk satu hektare kebun sawit untuk diremajakan Rp.25 juta,” tuturnya. (yul/yus)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.